- SELAMAT DATANG DI SMPIT ASSALAM CURUG / PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023 -


PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL OSIS BERBASIS DIGITAL (E-VOTE)

Perkembangan teknologi dimanfaatkan sekolah untuk menerapkannya pada berbagai kegiatan. Termasuk pemilihan ketua OSIS dengan memanfaatkan e- voting atau pemilihan secara elektronik. Bagaimana pelaksanaannya?

Sekitar pukul 08.00 WIB, siswa datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) SMPIT ASSALAM CURUG. Suasananya mirip pemilihan umum (pemilu). Bedanya, tidak ada surat suara ataupun kertas yang perlu dicoblos. Semua serba digital.

Ya, SMPIT ASSALAM CURUG menerapkan sistem pemilihan online untuk ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Bilik suara, bukan lagi berisi bantalan untuk mencoblos. Hanya ada komputer / laptop untuk memilih satu ketua OSIS dan Wakil sesuai hati nuraninya.

Proses pemilihan akan berjalan cukup singkat. Karena hanya butuh waktu tidak lebih dari 2 menit dari tiap siswa di dalam bilik untuk menentukan pilihannya. Bahkan hasilnya terpampang secara real time.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Indra Septiana, S.Pd.I menjelaskan, “Pemilihan ketua OSIS sistem tersebut baru pertama kali dilakukan. Sebelumnya pemilihan masih bersifat manual. Siswa datang ke bilik dan mencoblos salah satu kandidat. Kemudian, panitia juga harus melakukan penghitungan”.

Perlu beberapa waktu untuk mengetahui siapa pemenangnya. Sementara, dengan e-voting, baik pemilih maupun kandidat bisa langsung mengetahui hasilnya dengan layar yang ditampilkan alias quick count. Meski demikian, persiapan yang dilakukan juga  tidak asal-asalan.

Agar tidak terjadi kesalahan saat pemilihan, Panitia Pemilihan Ketua dan wakil OSIS masa bakti 2022/2023 telah melakukan riset dan membuat aplikasi pemilihanya sendiri. Sebelum diterapkan, aplikasi itu sebelumnya telah diuji cobakan. “Kita memberdayakan SDM yang ada. yaitu dengan menggunakan aplikasi yang dibikin oleh Guru dan Panitia. kemudian akan diuji coba ke anak anak OSIS in sya allah hasilnya lancar,” katanya.

Hajat demokrasi tersebut, akan turut menghadirkan guru dan pengurus Yayasan. Siswa juga diterangkan bagaimana sistem bernegara yang salah satunya dengan melakukan pemilihan umum. Dalam tahapan proses pemilihan ketua OSIS baru tahun 2022/2023, pengurus membuat kepanitiaan yang terdiri dari Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK). Setelah itu Panitia yang terbentuk mencari kandidat ketua OSIS yang terdiri dari perwakilan setiap kelas.

Dari penjaringan proses seleksi, mengerucut dua kandidat. Masing-masing dari kelas 8-1 dan 8-2.  Terpilihlah Yasfa dan Fakhri dengan nomor urut 1, Adelio dan Charen dengan nomor urut 2.

“Ayo sukseskan Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS Masa Bakti 2022/2023”.



VIDEO PPDB 2022/2023


CLASS PREMIUM | SMPIT ASSALAM CURUG


Tips Mudah Menghafal


PENTINGNYA PERAN KARAKTER BAGI SETIAP ORANG


PPDB ONLINE


KALENDER


Agustus 2022

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31

BERITA TERBARU


Image

Belajar Efektif Menurut Psikologi

Image

JANGAN MENCELA HUJAN

Image

MUDAHKANLAH URUSAN ORANG LAIN

Image

HARI PAHLAWAN

HUBUNGI ADMIN